Apa Yang Terjadi di tubuh Anda Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Selama Bulan Ramadhan Umat Islam sepanjang hari dari pagi sampai sore. Dalam kurun 1 bulan melakukan Ibadah puasa dengan cara yang sesuai dengan syariat Islam. Puasa ramadhan bisa menjadi aktifitas yang efektif bagi kesehatan. Proses detoksifikasi tubuh menjadi terjaga dan organ tubuh akan meregenerasi sel dengan baik. Dalam peremajaan sel ini akan bisa terjadi jika anda mengikuti pola maakan yang sehat dan tidak makan berlebih ketika waktu buka puasa tiba. Jika anda mengikuti pola makan yang anda akan merasakaan perubahan tubuh yaang sinifikan ke arah sehat. Hal yang harus di perhatikan yaitu cobalah untuk menghidari makanan yang sudah di proses dan di goreng. karena kita haanya memiliki beberapa jam saja untuk makan dan minum. Dan perlu kita evaluasi apa saja yang kita makan. Untuk minum kita harus menjaga agar tubuh tetap mendapatkan asupan air agar proses penyegaraan organ tubuh bisa berjalan dengan baik.

Dalam saur puasa hindari minuman yang mengadung Kafein. Dengan minum kafein kondisi puasa akan terasa haus. Di dalam menjalankan Puasa ramadhan kita tidak terlepas dari aktifitas, dimana baanyak dari kita untuk mempersingkat Istirahat. Berbagai kegiatan untuk beribadah pada malam hari  menjadikan tidur kita tidak lebih dari 6 jam. Jika waktu tidur kurang dari 6 jam,,.. maka akan berat bagi tubuh anda untuk melasanakan kegiatan sholat maupun membaca Quran. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang tidak di inginkan. !!, tetapi jika anda melaakukan banyak tidur akan menimbulakn aktivitas puasa yaang tidak produktif !. Hal yang harus di lakukan adalah menjaga keseimbangan tubuh, ini menjadi kunci. fase yang terjadi di tubuh anda saat melakukan puasa  Ramadhan selama kurun 30 hari.

Tahap Pertama

Selama beberapa hari mulai puasa , kadar gula darah dan tekanan darah akan menurun. Tubuh akan melakukan proses pembersihan. Fase yang akan terjadi di awal berpuasa adalah badan akan merespon dan terjadi gejala sakit kepala, pusing, rasa mual dan lemas berlebihan.

Tahap Kedua

Tubuh pada fase ini sudah terbiasa dengan puasa… dan sistem pencernaan bisa mulai beristirahat. sistem pencernaan mulai fokus untuk membersihkan racun dalam tubuh. Terjadi proses sel darah putih menjadi aktif saat ini, dalam proses ini tubuh sudah mulai memperbaiki diri sendiri( regenerasi).

Tahap Tiga

Tubuh sudah bisa memperbaaiki diri sendiri, energi tubuh sudah mulai meningkat, pikiran anda sudah mulai bisa berkonsentrasi. Dalam tahap ini tubuh sudah merasa baik, dengan puasa proses perbaikan tubuh anda lebih efisien. Dalam fase ini tubuh anda memperbaiki sel-sel yang rusak pada tahap ini. Organ usus, hati, ginjal, paru-paru dan kulit melakukan detoksifikasi dengan mengeluarkan racun-racun dari tubuh kita.

Tahap Empat

Dalam 10 hari puasa ramadhan, Tubuh anda sudah menyesuaaikan dengan suatu proses berpuasa. tubuh anda menjadi lebih baik, dan anda akaan merasakan kosentrasi dan pikiran jaauh lebih baik. Di tahap ini, oragan tubuh anda akan melakukan tahapan akhir dalam proses penyembuhan dan saat racun itu keluar, maka organ anda bisa berfungsi dengan kapaasitas yang maksimal. Ini adalaah bebrapa hal saja dari keutungaan secara fisik dari kegiatan berpuasa yang terjadi pada tubuh anda. tetapi ada sesuatu yaang lebih penting adalah mendapatkan pahala dari Allah SWT, kelebihan dari puasa ramadhan akan medapatkan ganjaran dan kesehatan bagi tubuh kita.

Ini beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika berpuasa di bulan ramadhan. Kiranya bisa menjadi rujukan dan manfaat. salam hidup sehat, wasalam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *